Jumat, 10 Mei 2013

Sarasehan Kepemimpinan Pramuka Penegak dan Pandega kabupaten Ciamis 2013



Demi menghidupkan ide tentang seorang pemimpin dalam jiwa-jiwa Pramuka Penegak dan Pandega itu telah mengantarkan kami untuk membawa kawan-kawan sekalian menuju sebuah panggung. Ya, sebuah panggung yang akan mementaskan tentang ide-ide kepemimpinan, tentang gagasan visioner untuk menegaskan jati diri seorang Pramuka Penegak dan Pandega sebagai kader pemimpin dan menempatkan Pramuka Penegak dan Pandega tidak hanya sebagai objek sebuah sistem kepemimpinan yang mengusung perubahan kepada kebaikan dan perbaikan (leader of change) tetapi menjadikan pula sebagai subjek, yakni berupaya mengguar kekuatan besar yang ada dalam diri kita untuk menjadi pemimpin yang membawa pesan perdamaian (messenger of peace). Panggung itu bernama “Sarasehan Kepemimpinan Pramuka Penegak dan Pandega”.

Sarasehan Kepemimpinan Pramuka Penegak dan Pandega Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Ciamis yang dilaksanakan hari Minggu, 5 Mei 2013 bertempat di Aula Dasa Darma Kwartir Cabang Ciamis menghadirkan para narasumber yang memiliki kompetensi dalam dunia kepemimpinan khususnya dalam lingkup Pramuka penegak dan Pandega. Mereka adalah Kak Yudha Adhyaksa (Ketua Dewan Kerja Nasional), Kak Tatan Munandar (Ketua Dewan Kerja Daerah Jawa Barat), Kak Baim Setiawan (Ketua Harian Kwarcab Ciamis) dan Kak Kikim Tarkim (Ketua Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Ciamis).

Sarasehan kepemimpinan Penegak dan Pandega yang bertemakan “Menegaskan Pramuka Penegak dan Pandega sebagai Leader of Change dan Agent of peace” ini dihadiri oleh lebih dari 300 Pramuka Penegak dan Pandega se-Kabupaten Ciamis. Seluruh peserta sangat antusias mengikuti kegiatan ini, selain karena mereka mendapatkan kesempatan langka untuk bertemu serta berdialog langsung bersama narasumber yaitu Ketua DKN dan Ketua DKD Jawa Barat, mereka juga mendapatkan wawasan dan pemahaman kepemimpin melalui materi yang disampaikan oleh para narasumber.

Melalui kegiatan sarasehan kepemimpinan ini, diharapkan Pramuka Penegak dan pandega Kabupaten Ciamis lebih memahami dirinya agar senantiasa mengasah potensi yang dimilikinya, dengan selalu memperluas wawasan dan pemahaman serta tergugah untuk lebih berkarya nyata bagi masyarakat.” Ungkap Kak H. Iing Syam Arifin selaku Ketua Kwarcab Ciamis dalam sambutannya. Karena pada dasarnya Pramuka Penegak dan Pandega adalah generasi pelanjut kepemimpinan bangsa ini, generasi yang akan dibebankan amanah dan tanggungjawab untuk melanjutkan atau mengambil alih tampuk kepemimpinan pada gilirannya nanti. Dan seorang pemimpin perlu ditempa aspek jiwanya, kepekaan wawasannya, serta kepedulian sosialnya.

Salahsatu tujuan diselenggarakannya kegiatan sarasehan kepemimpinan ini adalah menumbuhkan kesadaran Pramuka Pandega sebagai kader pembangunan bangsa dan calon pemimpin masa depan yang mengusung perubahan menuju kebaikan dan agen perdamaian serta mengembangkan tradisi kepemimpinan dalam dunia Pramuka Penegak dan Pandega yang lebih efektif dan strategis, sehingga memiliki kepercayaan diri dalam membangun masyarakat.

Berikut adalah  Narasumber dan Materi yang disajikan dalam sarasehan kepemimpinan Pramuka Penegak dan Pandega Kabupaten Ciamis tahun 2013:

1.    Ketua Dewan Kerja Nasional, Kak Yudha Adyaksa menyampaikan materi: “Eksistensi Pramuka Penegak dan Pandega Indonesia sebagai agent of peace dan kiprahnya dalam Organisasi Pramuka Dunia”
2.    Ketua Dewan Kerja Daerah Jawa Barat; Kak Tatan Munandar, S.Pd menyampaikan materi: “Pramuka Penegak dan Pandega sebagai leader of change”
3.    Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Ciamis, Kak Kikim Tarkim, S.Ag., M.Si menyampaikan materi: “Kondisi dan Potensi pemilih pemula di Kabupaten Ciamis”
4.    Ketua Harian Kwarcab Ciamis, Kak H. Baim Setiawan menyampaikan materi; “Peran Pramuka Penegak dan Pandega Ciamis dalam Pembangunan Daerah”

Kak Kikim Tarkim, Ketua KPU Kabupaten Ciamis yang memberikan paparan tentang kondisi dan potensi pemilih pemula, yaitu kaum remaja dan pemuda di Kabupaten Ciamis dan menyosialisasikan agenda pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Ciamis. Beliau sangat mengapresiasi inisiatif Kwarcab Ciamis dalam penyelenggaraan kegiatan ini, “Semoga Pramuka Penegak dan Pandega di Kabupaten Ciamis berpartisipasi aktif dalam menyukseskan pelaksanaan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabuten Ciamis tahun 2013 ini” pungkasnya.

Adapun Kak Yudha menyampaikan bahwa beliau sangat bangga terhadap Pramuka Penegak dan Pandega Kabupaten Ciamis yang begitu semangat dalam mengikuti sarasehan, hal ini terlihat dalam sesi tanya jawab yang dibuka oleh moderator. Hal ini pula merupakan kunjungan pertama bagi Ketua DKN ke Kwarcab Ciamis, dan beliau sangat berkesan dan berharap bisa bertemu kembali pada masa yang akan datang dalam kegiatan-kegiatan lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar