Minggu, 04 Maret 2012

Luar Biasa, Anak Pramuka Jadi Pemandu Wisata

Jakarta-27 Februari 2012,  Pramuka adalah anak-anak muda yang serba bisa. Pemerintah pun melihat potensi mereka untuk membantu pariwisata Indonesia, sebagai pemandu para turis.
Gerakan Pramuka makin mantap dalam ikut memajukan pariwisata Indonesia. Hal ini terwujud dalam acara penandatanganan Memorandum of Understanding (MOU) antara Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) dan Kwartir Gerakan Nasional Pramuka.

Penandatangan MOU yang dilakukan pada Senin (27/2/2012) di Gedung Sapta Pesona, Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat. Menteri Parekraf Mari Elka Pangestu, Menteri Pemuda dan Olahraga Andi Mallarangeng, Pimpinan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Prof Azrul Azwar, dan beberapa pimpinan Satuan Karya Pramuka (Saka) tingkat nasional lainnya hadir dalam acara ini.
“Kami melihat peran dari gerakan pramuka sangat baik untuk pengembangan pariwisata,” tutur Mari Elka saat menyampaikan sambutannya.
Dalam MoU ini, Pramuka membantu pariwisata dengan wadah Satuan Karya Pramuka (Saka) Pariwisata. Anak-anak Pramuka akan dibina sebagai Krida Penyuluh Pariwisata, Krida Pemanduan Pariwisata, dan Krida Kuliner Wisata.
Ketiga bidang tersebut sangat erat kaitannya dengan aspek pariwisata. Krida Penyuluh Pariwisata misalnya, yang mengajarkan peran Gerakan Pramuka dalam meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menjaga kebersihan dan keindahan tempat wisata.
“Semoga Pramuka menjadi gugus terdepan dalam pengembangan pariwisata,” ucap Mari.
Peran Gerakan Pramuka sebagai wadah bagi para anak muda tak hanya berpengaruh pada sektor pariwisata, tapi juga untuk individu masing-masing. Mereka bisa bekerja dalam bidang pariwisata. Kelak, para anak muda Pramuka bisa jadi wirausaha dan membuka lapangan kerja di sektor pariwisata. 
“Masalah kepariwisataan merupakan salah satu kegiatan yang besar kepentingannya untuk tanah air. Oleh karena itu, kami membentuk 21 juta anak muda untuk sadar pariwisata, serta mampu mengembangkan kemampuan, kreatifitas, dan bakat untuk mendorong sektor pariwisata di daerahnya masing-masing,” tutur Prof Azrul Azwar saat pidato pembukaan di acara tersebut.(Sumber Berita :  http://www.griyawisata.com/Foto: Ilham Humas Kwarnas)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar