Jumat, 02 Maret 2012

Road to RAIMUNA – KANIRA Cabang Ciamis 2012



Tahun 2012 adalah Tahunnya Pramuka Penegak dan Pandega di seluruh Indonesia, mengapa demikian ? karena pesta Pramuka Penegak dan Pandega dari tingkat Cabang hingga Nasional akan digelar tahun ini. Raimuna Nasional telah dipastikan akan diselenggarakan di tanah Papua pada bulan Juni mendatang, Raimuna Daerah pun rencananya akan dilaksanakan akhir tahun sekarang. Lalu, kapan nih Raimuna Cabang Ciamis bakal diadain ? insyaallah akan dilaksanakan tahun sekarang juga, adapun waktu dan tempat akan dibahas melalui Sidang Paripurna Cabang Ciamis atas kesepakatan DKC T&D Ciamis dengan DKR se-Kabupaten Ciamis.


Apa sih Raimuna ?
Bahwa kata “Raimuna”, yang berasal dari bahasa daerah Irian Jaya, adalah tepat untuk digunakan sebagai pengganti kata Jambore bagi para Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega, karena selain memperkaya bahasa Indonesia juga mempunyai kesamaan idiil, tujuan dan sasaran seperti Jambore. Raimuna juga dikatakan sebagai pertemuan Pramuka berbentuk perkemahan yang diselenggarakan untuk Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega baik putera maupun puteri dari berbagai satuan Pramuka.
Raimuna sendiri merupakan dua buah kata yang berasal dari Suku Ambai Provinsi Papu, terdiri atas ‘Rai’ yang artinya ‘pertemuan’ dan ‘Muna’ yang berarti pemimpin/kepala suku/anak muda. Sehingga Raimuna dapat diartikan sebagai pertemuan para pemimpin/kepala suku/kaum muda, makna tersebut dapat mewakili makna pertemuan besar bagi Pramuka Penegak dan pandega yang merupakan para pemimpin di satuan/kelompoknya masing-masing dan Pramuka Penegak Pandega diproyeksikan agar menjadi pemimpin masa depan bangsa.
Melalui kegiatan Raimuna ini memungkin bertemunya Pramuka Penegak dan Pandega untuk melaksanakan aktivitas bersama-sama dari berbagai Ambalan dan Racana yang berada di wilayahnya masing-masing. Maka, tak heran jika Raimuna dikatakan pula sebagai pestanya Pramuka Penegak dan Pandega karena melalui kegiatan ini peserta akan menerima banyak sekali pengalaman, wawasan, keterampilan dan petualangan untuk mempererat persaudaraan antar Pramuka Penegak dan Pandega.

Tingkatan Raimuna
Raimuna di tingkat Kwartir Ranting disebut Raimuna Ranting atau biasa disingkat dengan Rairan. Raimuna Ranting diselenggarakan setiap 1 tahun sekali. Peserta dari Raimuna Ranting adalah Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega perwakilan dari masing-masing gugusdepan (Ambalan Penegakatau Racana) dalam wilayah Kwartir Ranting (kecamatan) tersebut.
Raimuna di tingkat Kwartir Cabang (kabupaten atau kota) disebut Raimuna Cabang atau biasa disingkat dengan Raicab. Raimuna Cabang diselenggarakan setiap 2 tahun sekali. Raimuna Cabang diikuti oleh Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega perwakilan dari masing-masing Kwartir Ranting yang terdapat dalam wilayah Kwartir Cabang (kota) tersebut.
Raimuna di tingkat Kwartir Daerah (provinsi) disebut Raimuna Daerah atau biasa disingkat dengan Raida. Raimuna Daerah diselenggarakan setiap 3 tahun sekali. Raimuna Daerah diikuti oleh Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega perwakilan dari masing-masing Kwartir Cabang yang terdapat dalam wilayah Kwartir Daerah (provinsi) tersebut.
Raimuna di tingkat Kwartir Nasional disebut Raimuna Nasional atau biasa disingkat dengan Rainas. Raimuna Nasional diadakan setiap 4 tahun sekali. Raimuna Nasional diikuti oleh Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega perwakilan dari masing-masing Kwartir Daerah (provinsi). Perwakilan masing-masing provinsi ini biasanya diambilkan dari masing-masing Kwartir Daerah (kabupaten).

Daftar Pelaksanaan Raimuna Nasional :
No
Tahun
Tempat
Waktu
1.      
2.      
Bedugul, Kabupaten TabananBali
3.      
4.      
5.      
6.      
3 - 12 Juli 1992
7.      
1 - 10 Juli 1997
8.      
8 - 17 Juli 2003
9.      
Cibubur, Jakarta
10.   
25 Juni - 1 Juli 2012

Kalo Kanira, apa ?
Kanira yang merupakan akronim dari Kata, Kesenian dan Olahraga merupakan kegiatan perlombaan bagi Pramuka Penegak dan Pandega untuk menampilkan kreativitas, kemampuan, ajang kompetisi dan juga sebagai sarana pembentukan karakter yang menjunjung tinggi sportifitas dalam rangka meraih prestasi.
Yang patut jadi kebanggaan, bahwa kegiatan Kanira merupakan kegiatan pioneer (pelopor) bagi Pramuka Penegak dan pandega diJawa Barat untuk memfasilitasi kegiatan kompetisi dan prestasi, adapun daerah lain yang mengikuti nama Kanira tidak apa, karena ini menjadi kebanggaan bagi kita semua.
Pada lomba Kanira ini biasanya disajikan berbagai perlombaan yang berkaitan dengan lomba kata, lomba kesenian dan lomba olahraga, dan semua jenis perlombaan itu disesuaikan dengan keadaan dan konsisi wilayahnya masing-masing. Hanya saja, alangkah lebih bagusnya jika kegiatan Kanira ini disajikan berbagai kegiatan tradisional dalam rangka melestarikan tradisi dan kebudayaan lokal dan menjaga nilai-nilai luhur nenek moyang serta mengembangkan kearifan lokal.

Lets Prepare to RAIMUNA & KANIRA Cabang Ciamis 2012
Kegiatan Raimuna dan Kanira Cabang Kabupaten Ciamis terakhir dilaksanakan 23-29 Februari Tahun 2008 bertempat di Bumi Perkemahan Majaprana Kwarcab Ciamis yang diikuti oleh sekitar 1000 orang peserta dan pendukung. Adapun Kegiatan Raimuna Cabang ke-13 dan Kanira Cabang ke-5 rencananya akan diselenggarakan pada akhir semester tahun ini, mengingat kegiatan Raimuna dan Kanira Cabang dalam rentang waktu selama 3 tahun telah terlewati.
Dewan Kerja Pramuka Penegak dan Pandega Kwartir Cabang (DKC) Ciamis yang diberikan amanat untuk melaksanakan kegiatan ini tengah melakukan konsolidasi dengan pihak-pihak terkait agar kegiatan ini dapat terselenggara sesuai dengan keinginan bersama. 
Melihat data potensi Pramuka Penegak dan Pandega hingga bulan Februari yang telah terhimpun, Pramuka Penegak dan Pandega se-Kabupaten Ciamis kurang lebih berjumlah 10.000 (Sepuluh Ribu) orang, dengan demikian maka sangat memungkinkan pada kegiatan Raicab dan Kanira Cabang 2012 ini akan berkumpul sebanyak 2500 (dua ribu lima ratus) lebih Pramuka Penegak dan Pandega dalam satu kegiatan. Dan tentunya hal ini akan sangat Luar Biasa sebagai bukti eksistensi dan konsistensi Pramuka Penegak dan Pandega tatar Galuh.
Ini merupakan agenda besar, acara yang akan menyuguhkan perhatian kita secara optimal. So, mari kita dukung dan kita sukseskan penyelenggaraan Raimuna Cabang XIII dan Kanira Cabang V Kab. Ciamis Tahun 2012 dengan seksama. Karena, kegiatan ini tidak akan terlaksana tanpa dukungan dari semua pihak serta usaha dan do’a dari kita semua, khususnya Pramuka Penegak dan Pandega Kabupaten Ciamis yang berada dibawah naungan Galuh Sangga Bhuana.
Tegakkan badan, Singsingkan lengan baju, Pancangkan asa, bersama kita songsong Raimuna Cabang XIII dan Kanira Cabang V Kabupaten Ciamis untuk membangun Pramuka Penegak Pandega Kabupaten Ciamis yang cerdas, multi kreatif dan inovatif. Hari ini membangun TENDA, esok membangun BANGSA.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar