Kamis, 29 Agustus 2013

- PRAMUKA CIAMIS MAKIN DINAMIS BERSAMA KAK H. IING SYAM ARIFIN -


 “Dari Pramuka, Oleh Pramuka, Untuk Masyarakat” merupakan tema yang diusung oleh Gerakan Pramuka Kabupaten Ciamis dimana Kak H. Iing Syam Arifin sebagai penggagas ide dasar dari tema tersebut. Tema ini sebagai bentuk penegasan bahwa Pramuka harus kembali kepada jatidirinya sebagai pengemban amanah untuk kepentingan masyarakat.
Gerakan Pramuka sebagai organisasi pendidikan yang berupaya mengembangkan berbagai potensi kaum muda melalui kegiatan-kegiatan yang menarik, menantang dan sesuai dengan perkembangan zaman setidaknya dalam kurun waktu 2012/2013 ini Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Ciamis telah menunjukan prestasi dibawah kepemimpinan Kak H. Iing Syam Arifin sebagai Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Ciamis.
Pembinaan yang dilakukan oleh Kwarcab Ciamis tidak hanya sebatas pembinaan kepada peserta didik saja, akan tetapi para Pembina dan Pelatih Pramuka pun dilibatkan secara aktif. Secara organisasi, Kwarcab Ciamis telah melantik para pengurus Mabiran dan Kwarran yang telah habis masa jabatannya. Dalam bidang pengabdian masyarakat tidak ketinggalan, Kwarcab Ciamis terlibat aktif dalam setiap kegiatan social, penanggulangan bencana alam dan lain sebagainya.

Capaian Program Kerja Kwarcab Ciamis Tahun 2012-2013

Secara statistik, berikut adalah capaian-capaian yang telah dilakukan oleh Kwarcab Ciamis selama tahun 2012-2013 dibawah kepemimpinan Kak H. Iing Syam Arifin yang dinamis dan cukup  signifikan :

a.    Bidang Pembinaan Anggota Muda
Pembinaan anggota muda yang terdiri dari golongan Siaga, Penggalang, Penegak dan Pandega terbilang sangat fantastis selama tahun 2012-2013. Terbukti Kwarcab Ciamis telah melakukan pembinaan dan pengembangan potensi kepada lebih dari 5.000 orang Pramuka Penegak dan Pandega, baik dalam kegiatan rutin dan kegiatanbesar, seperti raimuna Cabang dengan melibatkan 1.00 orang lebih peserta, Pembina dan panitia, 600 orang dalam Geiat gema Ramadhan, dan sebagainya. Partisipasi kegiatan Daerah seperti Raimuna Daerah di Jatinangor-Sumedang dengan 900 orang peserta, KPDK Jabar di Majalengka, Perkempi Nasional di Jambi, Perkemahan Bakti Saka Taruna Bumi di Padang, Perkemahan Santri Nusantara di Batam, dan lainnya.
Pramuka Penggalang Ciamis tak kalah berprestasi, dimana Penggalang Kwarcab Ciamis mendapat penghargaan Regu Berprestasi baik pada Lomba Tingkat IV Jawa Barat, kemudian Penggalang Kwarcab Ciamis dipercaya menjadi Pembawa Acara pada HUT Pramuka Tingkat Nasional, berperan serta dalam Kemah Budaya Nasional, Jambore Daerah dan Nasional. Di Tingkat Cabang sendiri, Lomba Tingkat III diikuti oleh 1.152 orang peserta dan melibatkan 300 orang Pembina dan Sangga kerja kegiatan.
Adapun golongan Siaga, Kwarcab Ciamis telah mengadakan Pesta Siaga dan Pra Siaga dengan beragam kegiatan yang menarik, seperti lomba menggambar, game menantang dan mengandung pendidikan.

b.    Bidang Pembinaan Anggota Dewasa
Pembinaan angota dewasa di Kwarcab Ciamis yang ditujukan bagi para Pembina Pramuka, Andalan, Pamong Saka dan lainnya menunjukan hasil yang serupa dengan pembinaan anggota muda. Hal ini terlihat dari banyaknya para Pembina yang mengikuti Kursus Pembina Pramuka Mahir Dasar (KMD) yakni sebanyak 532 orang, 266 orang peserta Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Lanjutan (KML), 26 orang Kursus Pelatih Dasar (KPD), 8 orang Kursus Pelatih Lanjutan (KPL), 1 orang Kursus Pelatihan Pamong Saka Pariwisata, berpartisipasi dalam berbagai seminar dan dialog nasional Kepramukaan dan lebih dari 300 Pembina Pramuka yang berpartisipasi aktif dalam kegiatan Karang Pamitran di Kwartir Ranting. Jadi, secara keseluruhan Kwarcab Ciamis telah melakukan pembinaan kepada lebih dari 1300 orang dalam 2 tahun terakhir.
Berdasarkan data diatas, maka Kwarcab Ciamis cukup impresif dalam pengembangan sumber daya manusia bagi anggota dewasa. Dan tentunya, hal ini akan semakin meningkat dengan dukungan dan partisipasi aktif dari seluruh kalangan untuk kemajuan Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Ciamis pada masa yang akan datang.

c.    Bidang Pengabdian Masyarakat
Kepedulian Kwarcab Ciamis terhadap kepentingan dan kebutuhan masyarakat telah ditunjukan dalam berbagai hal, diantaranya adalah Kwarcab Ciamis bekerjasama dengan PMI Kab. Ciamis dalam program donor darah, ikut serta dalam pelayanan siaga komunikasi pad saat lebaran, pengamanan lalulintas, memberikan bantuan sembako kepada warga yang kurang mampu, ikut terjuan langsung di tempat-tempat terjadinya bencana alam seperti di Tambaksari, Cihaurbeuti, dan lainnya. KWarcab Ciamis juga bekerjasama dengan KPU dalam pemantauan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat, melakukan penyuluhan untuk tindakan penyalahgunaan Narkoba, dan lain sebagainya. Dengan demikian, Kwarcab Ciamis tidak hanya berupaya melakukan pendidikan dan pengembangan bagi peningkatan SDM-nya, akan tetapi berperan aktif pula dan mengabdi kepada masyarakat dengan berbagai cara yang bias dilakukan.

d.    Bidang Dana, Usaha, Sarana dan Prasarana
Dalam bidang pendanaan, Kwarcab Ciamis telah mendapatkan bantuan dari APBD Kab. Ciamis dan Jawa Barat, hanya saja dengan banyaknya kegiatan KWarcab Ciamis hal ini tentunya membutuhkan pemasukan dana lainnya. Maka dalam hal ini, Kak H. Iing Syam Arifin meluncurkan program Bumbung Pramuka yang telah berjalan selama 3 tahun. Dalam bidang Usaha, Kwarcab Ciamis telah bekerjasama dengan Bank BTPN dalam menyalurkan para Pramuka Penegak dan Pandega Puteri potensial untuk direkrut menjadi karyawan, bahkan diantaranya telah menjadi Wakil Menajer Sentra dan Manajer Sentra. Kemudian, bidang sarana dan prasarana, Kwarcab Ciamis memiliki 2 bumi perkemahan, yaitu Buper Majaprana di Cijengjing dan Buper Binaloka di Pangandaran. Kwarcab Ciamis telah merampungkan penataan Buper Binaloka Pangandaran dan telah dihibahkan untuk kepentingan Pramuka di Daerah Otonom Pangandaran yang tengah dipersiapkan untuk menjadi Kwartir Cabang yang baru.

e.    Bidang Hukum dan Organisasi

Selama tahun 2012/2013 Kwarcab Ciamis setidaknya telah melantik kepengurusan Mabiran dan Kwartir Ranting baru, dinataranya yaitu Kwarran Cijulang, Kwarran Cidolog, Kwarran Sindangkasih, Kwarran Cihaurbeuti, Kwarran Parigi, Kwarran Panawangan, Kwarran Sukamantri, dan lainnya.
Dalam bidang hokum KWarcab Ciamis telah melakukan sosialisasi Undang-Undang Gerakan Pramuka Nomor 12 tahun 2012 baik kepada para pengurus Kwarran, Para Pembina dan kepada Pramuka Penegak dan Pandega, juga telah melaksanakan kegiatan Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan yang dihadiri oleh anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI dengan peserta para Andalan, Pembina, Dewan Kerja dan Dewan Ambalan se-Kabupaten Ciamis.

Demikianlah gambaran umum tentang capaian-capaian program kerja Kwarcab Ciamis dalam 2 tahun terakhir dibawah kepemimpinan Kak H. Iing Syam Arifin selaku Ketua Kwarcab Ciamis. Karya nyata serta prestasi Kwarcab Ciamis selama 2 tahun ini tentu tidak akan tercapai maksimal jika tanpa dukungan kakak-kakak sekalian, dan dengan dukungan kakak-kakak sekalian pula pencapaian terhadap target serta peningkatan aktivitas, kuantitas serta kualitas kepramukaan di Kwarcab Ciamis ini dapat ditingkatkan pada tahun yang akan datang. Dengan do’a dan partisipasi kakak-kakak sekalian mari kita dukung Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Ciamis ini agar lebih dinamis, fantantis, berpretasi dan berperan nyata bagi kepentingan masyarakat bersama Kak H. Iing Syam Arifin.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar