Selasa, 10 Januari 2017

'Scout Look' Baju Trendi Ala Pramuka

Kak H. Baim Setiawan (Ketua Harian Kwarda Jabar) dengan 'Scout Look'-nya
Saat ini jika kita perhatikan banyak sekali anggota Pramuka, Pembina Pramuka atau Pengurus Kwartir yang mengenakan baju Pramuka yang berbeda dengan seragam Pramuka, baik beda desainnya, beda warnanya, beda bahan dan sebagainya. Ini menjadi fenomenal, entah siapa yang memulainya. Nah, kalau kita menemukan baju yang berbeda itu dan ada tempelannya atribut Pramuka itu namanya “Scout Look”.
Kita mungkin sudah mengenal apa itu ‘Army Look’. Bergaya modis dengan pakaian dan aksesoris mirip pakaian militer. Suatu tren mode yang pernah populer, dan bahkan sampai kini pun masih banyak disukai orang. Bukan hanya remaja, tetapi juga orang dewasa. Pria dan wanita. Tidak peduli apakah orang itu masih atau pernah menjadi bagian dari suatu dinas militer, atau mempunyai keluarga yang aktif di militer, atau sama sekali taka da hubungan apa pun dengan kemiliteran, namun gaya pakaian dan aksesoris ala militer itu cukup banyak penggemarnya (Scout Memorabilia, Berthold Sinaulan).

Nah kalau ‘Scout Look’ simpelnya ialah pakaian baik itu kaos, kemeja, jaket atau rompi yang ditempeli atau dilabeli dengan atribut Pramuka. Mengutip tulisan Kak Berthold Sinaulan dalam blognya bahwa Kak Azrul Azwar, betapa inginnya beliau “membangkitkan” tren mode ‘Scout Look’. Kalau orang atau anak muda senang berpakaian bergaya seperti militer atau “Army Look”, kenapa kita tidak berusaha membuat para Pramuka dan remaja umumnya senang juga bergaya ‘Scout Look’, demikian dikatakannya suatu ketika di awal kepemimpinannya di Kwarnas.

Kak Iing Syam Arifien (tengah) dengan rompi & scarf nya
Ketua Kwarda Jawa Barat Kak Dede Yusuf boleh dikatakan sebagai pelopor pengguna ‘Scout Look’ ini, adapun di Ciamis ‘Scout Look’ sudah menjadi pemandangan biasa, seperti halnya Ketua Kwarcab Ciamis Kak Drs. H. Iing Syam Arifien yang seringkali memamaki ‘Scout Look’ dalam berbagai kegiatan Kepramukaan, mengenakan kemeja atau rompi plus scarf. Bahkan ada satu Gugus Depan dan Kwartir Ranting yang memiliki ‘Scout Look’ khasnya.

Scout look’ salah satu cara bagaimana kita mencintai kepanduan atau Pramuka dengan cara memakainya dalam keseharian dan terasa Fashionable agar menggairahkan kembali nilai nilai yang terdapat dalam Dasa Dharma dan Trisatya Pramuka agar di kenal dan dipahami oleh masyarakat Indonesia khususnya dalam ranah di luar bumi perkemahan atau hanya sekedar seragam pramuka di pakai dalam lingkungan sekolah saja, tapi bisa tampil di pusat perbelanjaan atau jalan jalan dalam setiap kegiatan.


So, ‘Scout Look’ merupakan pakain yang diharapkan menjadi daya tarik bagi anak-anak, remaja, yang muda atau orang dewasa, baik laki-laki ataupun perempuan dan masyarakat pada umumnya untuk berPramuka dengan gaya modis, fashionable dan menambah percaya diri sebagai bagian dari organisasi Gerakan Pramuka. Let’s make our ‘Scout Look’ own. Fdj.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar