Jumat, 08 Juli 2011

Jamnas 2011 Ditutup oleh Budhiono

JAKARTA: Wakil Presiden Boediono, besok, dijadwalkan menutup Jambore Nasional IX Gerakan Pramuka yang digelar di Telukgelam, Kabupaten Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan. Informasi dari Biro Media Massa Setwapres, menyebutkan Boediono akan berangkat besok pagi dari Pangkalan TNI AU Halim Perdana Kusuma menuju Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II, Palembang.

Kemudian Wapres ditemani Gubernur Sumsel Ir H Alex Noerdin SH akan bertolak ke Teluk Gelam menggunakan helikopter. Wapres akan menutup kegiatan Jamnas Pramuka itu pada pukul 09.00 WIB.

Jamnas Pramuka ini dibuka oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sejak Sabtu, 2 Juli lalu. Jambore itu diikuti sekitar 1.800 pramuka golongan penggalang berusia 11 tahun–15 tahun. Mereka datang dari 33 provinsi di Indonesia serta dua negara tetangga, yakni Malaysia dan Singapura.


Kedua negara tersebut mengirimkan 100 anak mudanya untuk mengikuti jamnas kali ini. Selama sepekan, ribuan anak muda yang datang dari berbagai suku, agama, etnik, dan daerah tersebut mengikuti 57 mata kegiatan dari perkemahan, permainan, wisata, pameran, serta pendidikan seni budaya.

Pada pembukaan Jambore, Ketua Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka Azrul Azwar menyatakan jamnas diharapkan bisa membentuk karakter, menanamkanrasakebangsaan, serta meningkatkan keterampilangenerasimuda.

“Tahun ini jumlah peserta melampaui rekor sebelumnya. Ini menunjukkan gerakan pramuka mulai hidup lagi,”papar Azrul.

Dia mengemukakan semakin membaiknya minat generasi muda untuk mengikuti gerakan pramuka tidak bisa dilepaskan dari upaya revitalisasi gerakan tersebut.“Kami sedang melakukan pembenahan organisasi dengan sistem akreditasi dan sertifikasi. Dalam 3 tahun ke depan pendidikan kepramukaan bisa diselenggarakan 317.910 gudep di Indonesia,”ujarnya. (mmh


www.bisnis.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar