Minggu, 13 Mei 2012

Pendidikan Pramuka Era Sekarang Harus Dikawal

Slawi – 09 May 2012, Pendidikan Kepramukaan di era sekarang harus dikawal secara benar dan terarah. Salah satunya yaitu dengan menjadikan Kepramukaan menjadi kegiatan wajib disekolah, tidak menjadi ektrakurikuler pilihan bagi siswa.

Menurut Sekretaris Dinas Dikpora Kabupaten Tegal yang juga menjabat Wakil Ketua Kwarcab 11.28 Tegal, Drs H Edi Budiyanto, M.Pd, sekolah diharapkan menjadikan Kepramukaan sebagai kegiatan wajib bagi siswanya, tidak menjadi kegiatan ekstrakurikuler pilihan. Pasalnya, akan ada banyak manfaat yang bisa diambil dari pendidikan Kepramukaan.
"Pramuka disekolah mestinya menjadi kegiatan wajib, tidak jadi kegiatan ekstra pilihan," katanya dihadapan Pengurus Kwarran dan Para Kepala UPTD Dikpora se Kabupaten Tegal belum lama ini

Dikatakan Edi Budiyanto, beberapa manfaat dari pendidikan Kepramukaan antara lain Pramuka berperan dalam pembentukan karakter generasi muda, membentuk watak, sifat dan kepribadian pemuda Indonesia, sehingga menjadi anggota masyarakat yang baik dan berguna, yang dapat membangun dirinya, masyarakat, bangsa dan negara.

"Oleh karenanya, Pramuka sekarang perlu dan harus kita kawal dalam mencetak kaum muda sebagai kader penerus bangsa," ujarnya.

Selain membentuk karakter, lanjut Edi Budiyanto, dalam UU No 12/2010 tentang Gerakan Pramuka dijelaskan Gerakan Pramuka mempunyai tujuan yakni sebagai sarana mencetak kader pemimpin dan penerus bangsa, serta memberikan pendidikan keterampilan hidup atau life skill, dengan tidak meninggalkan pengetahuan kognitif / intelektual.

"Pendidikan Pramuka berperan sebagai komplemen dan suplemen terhadap pendidikan formal," pungkasnya. (Sumber Berita: http://www.tegalkab.go.id/ Hasan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar