Selasa, 19 Mei 2015

Pramuka: Pelopor Masyarakat Cinta Sehat

Saka Bakti Husada kwartir Ranting Karangkobar belum lama ini (akhir pekan ini) menggelar kegiatan Bakti Sosial kemasyarakatan di Desa Pasuruhan, kecamatan Karangkobar. kegiatan yang bertemakan “Pengembangan Pelopor Masyarakat Cinta Sehat dalam Pembentukan Karakter Remaja Sehat” tersebut diharapkan menjadi salah satu bukti nyata kepedulian dan aksi pramuka peduli terhadap masalah yang timbul dimasyarakat, terutama dalam bidang kesehatan dan masalah sosial lainnya.
Pamong Saka Bhakti Husada Kwarran Karangkobar, Yon Setiawan Mengatakan, kegiatan bhakti sosial kemasyarakatan tersebut diikuti oleh sedikitnya 70 Pramuka penegak anggota Saka hakti Husada yang merupakan perwakilan dari SMAN 1 Karangkobar, SMKN1 Wanayasa, SMK Ma’arif Karangkobar yang dilaksanakan rutin sekali dalam setahun, dan untuk tahun ini mengambil tempat di desa Pasuruan kecamatan Karangkobar.

“pemilihan lokasi tersebut merupakan hasil dari kesepakan serta merupakan project dan target membantu program DKK kabupaten dan puskesmas karangkobar dalam rangka penguatan sistem sarana dan prasarana yang ada “ tandasnya.

Dalam kegiatan Bhakti pramuka peduli Saka Bhakti tersebut digelar beberapa kegiatan seperti jambanisasi yang dipusatkan di 42 titik Kepala Keluarga, pembuatan tempat sampah beton, lomba kebersihan lingkungan, demo cuci tangan dan gosok gigi untuk anak anak, bhakti induk semang, pendalaman krida, serta kegiatan penyuluhan kesehatan melalui 16 indikator perilaku hidup bersih dan sehat dalam rumah tangga.

Sementara itu kepala Puskesmas Karangkobar, Suci Hidayati mengatakan, kegiatan tersebut sangat membantu program kami dalam bidang sanitasi dasar dan program PHBS untuk mewujudkan masyarakat cinta sehat.

“Terlebih untuk saat ini kepemilikan akses jamban sehat masih sangat minim, diharapkan dengan penyuluhan dan penguatan kader pramuka peduli ini dapat membantu program pemerintah “ terangnya.

Diapresiasi

Ketua kwarcab Pramuka Setiawan mengatakan, kegiatan bhakti sosial tersebut diharapkan menjadi pemicu dan mampu meningkatkan kesadaran masyarakat tentang perilaku hidup bersih dan sehat. 


“Atas nama warga pramuka, saya memberikan apresiasi yang setinggi tingginya atas dharma bhakti yang dilakukan dalam program tersebut, semoga kegiatan serupa akan terus dilakukan sehingga pramuka semakin dikenal oleh masyarakat lewat program aksi nyata “ terangnya.

Lebih jauh dia menjelaskan, keberadaan Satuan karya memang diharapkan mampu memberikan sumbangsih tenaga, fikiran serta wadah yang tepat untuk anak muda berkreasi dan mengabdikan diri ditengah masyarakat dan mendukung program pemerintah dalam rangka meningkatkan kualitas hidup yang lebih baik. (Humas_Kwarcab Banjarnegara) [Humas Kwarnas]


Tidak ada komentar:

Posting Komentar