Rabu, 17 April 2013

Pers Rillis Rapat Kerja Nasional Gerakan Pramuka Tahun 2013


Azrul Azwar ; “Pramuka Menjadi Eskul Wajib Tidak Lazim, Tetapi...”

Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Gerakan Pramuka Tahun 2013 yang diselenggarakan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka diawali degan Rapat Paripurna Andalan Nasional pada Rabu (17/3).

Rapat yang dihadiri seluruh Andalan Nasional Kwarnas Gerakan Pramuka masa bakti 2008-2013 tersebut berlangsun dengan diawali pembukaan dan pemaparan Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka, Kak Azrul Azwar yang menyampaikan beberapa hal termasuk wacana menjadikan Gerakan Pramuka sebagai ekstrakurikuler wajib bagi siswa Pendidikan Dasar (Sekolah Dasar dan Sekolah Menegah Pertama).

“Saat itu, kepada Menpora Andi Mallarangeng saya menyampakan tiga reaksi. Pertama saya katakan bahwa mewajibkan pendidian Gerakan Pramuka menjadi ekstrakurikuler itu tidak lazim. namun dengan banyaknya permasalahan generasi muda yang berkaitan dengan pembentukan karakter maka kami memahami, itu yang saya sebut dengan reaksi saya yang kedua” tandas Kak Azrul Azwar.

Reaksi ketiga yang disampaikan Kak Azrul adalah mempersiapkan keberadaan gugusdepan. Jika Gugusdepannya tidak siap, tentu akan menjadi permasalahan baru karena akan timbul frustasi bagi generasi muda karena tidak mendapatkan kegiatan ekstrakurukuler yang diharapkan.

“Mencoba memanfaatkan perangkat masyarakat sekolah untuk mendukung Gerakan Pramuka. Kepala Sekolah kita imbau untuk memperbaiki Gugusdepan. Meskipun tidak wajib maka mayoritas akan menjadi anggota Gerakan Pramuka. Kalau ini berjalan, akan berdampak positif bagi generasi muda, mungkin bentuknya seperti paket pengembangan kwartir” tambah Kak Azrul.

Rakernas akan resmi dibuka pada Kamis (18/3) dan berakhir pada Jumat (19/3) berlangsung di Kompleks Pusat Pendidikan dan Pelatihan Gerakan Pramuka Tingkat Nasional (Pusdiklatnas) Cibubur, Jakarta.

Pada kesempatan tersebut, Sesjen Kwarnas, Bendahara Kwarnas berserta Wakil Ketua Kwarnas berkesempatan memaparkan berbagai hal yang berkaitan dengan kegiatan yang telah terlaksana tahun yang lalu dan kegiatan yang telah dan akan berjalan tahun ini (2013) dan rancangan Program Kerja Tahun 2014 yang akan datang. Termasuk pemaparan Ketua Dewan Kerja Nasional tentang hasil-hasil kegiatan Sidang Paripurna Nasional (Sudparnas) Tahun 2013 yang telah berlangsung pada 14-16 April 2013.

Untuk informasi lebih lanjut, tersedia di laman (website) www.pramuka.or.id
Humas Kwarnas
1. Septembri Yanti: 08129650663
2. Saiko Damai: 081310769003

Tidak ada komentar:

Posting Komentar