Sabtu, 20 April 2013

Wacana Ekstrakurikuler Pramuka Wajib Mewarnai Rekomendasi Rakernas


Setelah berdiskusi dan membahas berbagai hal berkaitan dengan agenda Rapat Kerja Nasional (Rakernas) yang dilaksanakan pada 17-19 April 2013 di Kompleks Pendidikan dan Pelatihan Gerakan Pramuka Tingkat Nasional (Pusdiklatnas) Cibubur, Jakarta. Peserta Rakernas yang terdiri dari Pengurus Kwarda seluruh Indonesia akhirnya merekomendasikan beberapa hal.

Rekomendasi itu diantaranya, menegaskan dalam menerapkan Ektrakurikuler wajib di sekolah dengan mewajibkan fungsi Gugusdepan, sehingga sekolah wajib memiliki Gugusdepan serta menegasakan keanggotaan di Gugusdepan tersebut sifatnya sukarela. Maka Pusat Pendidikan dan Pelatihan Gerakan Pramuka Tingkat Nasional (Pusdiklatnas) diharapkan juga semakin menguatkan pendukungnya berupa dokumen sumplemen kegiatan pendidikan.

Pada rekomendasi tersebut juga disampaikan, kepada Pengurus Kwarnas untuk menginformasikan enam bulan sebelumnya berkaitan dengan pengumuman kegiatan nasional maupun internasional.

Tim Perumus yang merupakan perwakilan dari Dewan Kerja Nasional, Kwarda Maluku, Kepulauan Riau, Papua Barat, Sulawesi Selatan, Kalimantan Barat dan Jawa Timur yang berjumlah sembilan orang.

Pada sambutan penutupan Rakernas, Kak Azrul sempat mengajak seluruh peserta Rakernas untuk siap dan mempersiapkan untuk mengikuti Musyawarah Nasional yang rencananya dilaksanakan di Nusa Tenggara Timur, 10-20 November 2013.

Rakernas Gerakan Pramuka Tahun 2013 yang dilaksanakan pada 17-19 April 2013 di Kompleks Pendidikan dan Pelatihan Gerakan Pramuka Tingkat Nasional (Pusdiklatnas) Cibubur, Jakarta.

Sumber: pramuka.or.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar