Jumat, 30 Desember 2011

Perkemahan Saka Bahari di Pulau Sebatik Rabu, 28/12/2011 - 11:24


JAKARA, (PRLM).- Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Soeparno yang diwakili oleh Wakil Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana Madya TNI Marsetio,M.M melepas kurang lebih 300 peserta Pelayaran dan Perkemahan Bakti Saka Bahari 2011 menuju Pulau Sebatik Kalimantan Timur di dermaga Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil), Tanjung Priok, Jakarta Utara dengan sebuah upacara pelepasan, Rabu (28/12).

Pelayaran dan Perkemahan Bakti Saka Bahari berlayar menggunakan Kapal TNI AL KRI dr Soeharso-990 dengan ABK 180 personel TNI AL, akan dilaksanakan mulai tanggal 28 Desember 2011 sampai 19 Januari 2012 dan puncak acara kegiatan ini akan dilaksanakan di Pulau Sebatik Kalimantan Timur dengan berkemah pada 8 s.d 11 Januari 2012 dan pada puncak acara 10 Januari 2012 akan dipimpin langsung oleh Menteri Pemuda dan Olah Raga RI Andy Malarangeng.
Menurut Kepala Dinas Pembinaan Potensi Maritim Angkatan Laut (Kadispotmar) Laksamana Pertama TNI Kingkin Suroso, S.E selaku Ketua Pinsaka Bahari Tingkat Nasional mengatakan bahwa pelaksanaan kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan Pulau Sebatik kepada para peserta, melestarikan lingkungan, mengembangkan kemampuan diri para peserta, dan membina kerjasama dan persatuan serta persaudaraan antar sesama peserta. Kegiatan Saka Bahari juga diisi dengan bakti sosial pada masyarakat Pulau Sebatik.
Selain menuju Pulau Sebatik para peserta pelayaran dan perkemahan Bakti Saka Bahari 2011 direncanakan akan singgah di beberapa kota dan melaksanakan kunjungan ke pemerintah daerah setempat serta melaksanakan Kirab Kota, tempat-tempat yang akan disinggahi diantaranya Makassar, Balikpapan, Derawan, Tarakan dan diakhiri di Pulau sebatik.
Usai Upacara Wakasal secara simbolis menyerahkan prasasti Terumbu Karang kepada Kakak Hatta selaku Kakwarda dan perwakilan dari Kalimantan Timur, sekaligus memberikan selamat kepada para peserta pelayaran dan perkemahan Bakti Saka Bahari 2011.
Dalam upacara pelepasan peserta Pelayaran dan Perkemahan Bakti Pramuka Saka Bahari diikuti oleh 7 Kompi pasukan yang terdiri dari Personel TNI AL, Kompi Pasukan Peserta Peserta Pelayaran dan Perkemahan, Kompi Pasukan dari Akademi Maritim Nasional Jakarta Raya, serta kompi Pasukan dari SMK Pelayaran nasional Jakarta Raya. Pada akhir acara ditutup dengan Drum band persembahan dari Taruna BP2IP Tanggerang Banten. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar