Selasa, 03 Januari 2012

Cegah Banjir, Bersih-bersih Ciliwung


JAKARTA – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menggandeng berbagai elemen masyarakat dalam kegiatan bersih-bersih Kali Ciliwung pekan lalu.Kegiatan tersebut digelar sebagai bagian dari antisipasi banjir yang selalu mengancam Ibu Kota.
Beberapa elemen masyarakat dilibatkan, di antaranya Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Jakarta (LPM), Komunitas Pencinta Ciliwung, Pepulih, Gemash, KLH,DNPI, Pramuka. Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo turun langsung dalam kegiatan bertajuk “Satu Hari yang Indah di Sepanjang Ciliwung”. Fauzi mengakui, dengan kegiatan tersebut maka warga pun memiliki rasa cinta terhadap Kali Ciliwung.

Dia mengungkapkan, bersih-bersih Kali Ciliwung harus dilakukan secara berkelanjutan. ”Gerakan ini tidak semata untuk satu kelompok saja, tapi bisa untuk semua yang merasa terpanggil untuk berkontribusi,” kata Fauzi kemarin. Dalam kesempatan itu,Fauzi juga menyusuri Kali Ciliwung dengan perahu karet, dengan mengambil start di Condet, Jakarta Timur sampai beberapa kilometer.
Sementara itu, Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Pusat juga melakukan bersih-bersih di tiga tempat, yakni Kali Sentiong Johar Baru,Kali Ciliwung di Menteng Tenggulun,dan Kali Ciliwung di Pasar Baru. Dalam kegiatan tersebut, 1.500 personel gabungan dari anggota TNI, Polri,Pramuka,Karang Taruna, PMI, serta ormas ikut terlibat. Wali Kota Jakarta Pusat Saefullah pun tak canggung memunguti sampah-sampah plastik yang terdapat di sepanjang Kali Ciliwung dengan menggunakan jaring.
Menurut Saefullah, Kali Ciliwung merupakan ciri khas Kota Jakarta. Bahkan, dulu Kali Ciliwung airnya bening sehingga bisa digunakan untuk mandi, namun sekarang tidak bisa lagi. ”Rendahnya kesadaran masyarakat yang membuang sampah ke Kali Ciliwung menjadikannya kotor dan airnya tidak bening lagi,”ujarnya. Untuk mengembalikan Kali Ciliwung seperti dahulu, dibutuhkan peran serta masyarakat Jakarta. Saefullah berharap kegiatan ini dilakukan secara rutin.
 Kegiatan bersih-bersih kali ini merupakan rangkaian kegiatan Festival Ciliwung dalam rangka menyambut Tahun Baru 2012. Di dalamnya juga terdapat kegiatan lomba mewarnai, lomba perahu,hiburan oleh artis Ibu Kota, serta masakan khas Jakarta. (ridwansyah)
Sumber: www.seputar-indonesia.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar