Rabu, 25 Januari 2012

KEMAH BAKTI PRAMUKA KEMENAG KAB. CIAMIS 2012


Peserta sedang mengikuti materi Pendidikan Pendahuluan Bela Negara yang disampaikan oleh Komandan Kodim 0613 Kab. Ciamis Letkol Inf. Asep Djunaedi
Kak Drs. H. Iing Syam Arifin selaku Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kab. Ciamis secara resmi membuka kegiatan Kemah Bakti Pramuka lingkungan Kementrian Agama Kab. Ciamis dalam rangka Hari Amal Bakti Kementerian Agama ke-66 di Bumi Perkemahan Majaprana Cijeungjing - Ciamis. Dalam amanatnya beliau berpesan kepada para peserta agar serius dalam mengikuti setiap kegiatan yang telah diagendakan oleh Panitia, karena kegiatan yang diikuti akan menjadi bekal bagi kawan-kawannya ketika kembali ke Gugus Depan dan Pangkalannya masing-masing.


Kegiatan yang dilaksanakan selama 3 hari ini (24-26 Januari 2012) diikuti oleh 850 orang Pramuka yang berpangkalan di Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA) se-Kabupaten Ciamis dengan mengangkat tema “Melalui Kemah Bakti Pramuka Lingkungan Kementerian Agama Kab. Ciamis kita tingkatkan ukhuwah dan kemandirian untuk kehidupan yang bermartabat” dan akan melaksanakan berbagai kegiatan yang terdiri dari kegiatan pengetahuan, kegiatan keterampilan dan kegiatan bakti.

Kegiatan ini bertujuan untuk menunjukan sikap peduli Pramuka yang berpangkalan di Madrasah tentang kecintaan terhadap lingkungan sekitar, mempererat tali persaudaraan diantara sesama anggota Pramuka dan yang paling penting adalah bagaimana kegiatan ini mampu memberikan kontribusi yang positif bagi remaja dan pemuda untuk membina diri agar lebih berkarakter dan berakhlak mulia” kata Kak Moch. Amrullah selaku Ketua Pelaksana Kemah Bakti.

Dalam kegiatan ini Komandan Kodim 0613 Kab. Ciamis Letkol Inf Asep Djuanedi berkenan menyampaikan materi Pendidikan Pendahuluan Bela Negara bagi Pramuka Penggalang dan Pramuka Penegak sebagai pembuka kegiatan. Selain itu peserta pun dibekali kegiatan keterampilan kepramukaan seperti PBB Tongkat, Pembutan Peta Pita, dan Survival bagi Pramuka Penggalang, pengetahuan tentang  berlalulintas yang baik dan benar, pengenalan kedewan kerjaan bagi Pramuka Penegak. Adapun kegiatan bakti yang dilaksanakan berupa penanaman pohon dan pengambilan batu dari sungai untuk pembetulan jalan di sekitar Buper Majaprana.

Tidak hanya peserta didik saja yang dibekali materi, para Pembina pendamping dan Pimpinan Kontingen pun dibekali materi pada giat binawasa. Diantara materi yang disampaiakan kepada para Pembina dan Pinkon adalah Sosialisasi Undang-Undang RI No. 12 tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka, sosialisasi SKU terbaru dan juga terdapat materi khusus tentang tabungan Haji dan Umroh.

Peserta Penggalang Puteri sedang mengikuti kegiatan pelatihan pertolongan pertama
“Kegiatan ini sangat menyenangkan, karena melalui kegiatan ini saya bisa menambah pengalaman, memperluas wawasan dan juga menambah banyak teman di Pramuka. Semoga kegiatan ini tidak hanya dilaksanakan sekarang saja, tapi dapat dilaksanakan pula pada waktu-waktu yang akan datang.” Kata Elva Triana Nurtovia, Peserta Pramuka Penegak dari Pangkalan MAN 2 Ciamis mengungkapkan kesannya selama mengikuti kegiatan Kemah Bakti ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar