Minggu, 29 Januari 2012

Berkarya, Berbagi dan Gembira di Raimuna-Kanira II Kwarcab Kota Tasikmalaya


Ka cai jadi saleuwi, ka darat jadi salebak yang bermakna “Bersama dan bergotong royong membangun bangsa” merupakan tema kegiatan Raimuna dan Kanira ke-2 Kwartir Cabang Kota Tasikmalaya yang diselenggarakan pada tanggal 26-29 Januari 2012 bertempat di Bumi Perkemahan Tundagan-Mangkubumi Kota Tasikmalaya, kegiatan ini merupakan pertemuan bagi Pramuka Penegak dan Pandega di Kota Tasikmalaya untuk menggalang persaudaraan, menambah pengalaman, pengetahuan, keterampilan, wawasan serta meningkatkan sikap patriotisme.


Kegiatan yang dilaksanakan selama 4 hari ini secara resmi dibuka oleh Walikota Tasikmalaya Kak Drs. H. Syarif Hidayat selaku Ketua Mabicab dan dihadiri oleh para Andalan, Para Kepala Dinas dan Instansi, Ketua Kwartir Ranting, Para Mabigus dan Pembina sebagai bentuk apresiasi atas terselenggaranya kegiatan Raimuna dan Kanira ini. Meskipun proses belajar mengajar di Gugus Depan yang berpangkalan di sekolah dalam masa efektif, ternyata tidak mengurangi minat para Pramuka Penegak dan Pandega untuk berpartisipasi dalam kegiatan. Hal ini terbukti dengan jumlah peserta sebanyak 500 orang dari berbagai Gugus Depan yang berada di wilayah Kota Tasikmalaya.

Raimuna dikatakan juga sebagai kegiatan pesta bagi Pramuka Penegak dan Pandega, mengapa demikian? Karena pada ajang ini memungkinkan Pramuka Penegak dan Pandega bisa berkumpul bersama untuk melakukan berbagai aktivitas dan menjadi media untuk berkarya dan menampilkan berbagai potensi serta bakat yang dimiliki. Karena didalamnya terdapat berbagai aktifitas yang menarik, menantang, menyenangkan namun tetap mengandung nilai-nilai edukasi sebagai wahana pengembangan karakter bangsa.

Diantara kegiatan-kegiatan yang diikuti oleh peserta adalah kegiatan pengetahuan, kegiatan keterampilan, kegiatan Kesakaan, kegiatan wisata, kegiatan petualangan dan tentunya giat prestasi pada ajang KANIRA (Lomba Kata, Seni dan Olahraga). Setiap peserta tidak hanya dituntut untuk membina fisik dan mental pada kegiatan ini, namun juga mereka dituntut untuk tetap berprestasi dan berkontribusi dalam pelayanan masyarakat dalam giat bakti.

“Peserta sangat antusias mengikuti kegiatan ini. Mereka terlihat senang dan saya berharap kegiatan ini menjadi momen untuk menggalang persaudaraan diantara Pramuka Penegak dan Pandega semakin erat dan mereka mampu mengaktualisasikan pengetahuan dan pengalaman yang yang telah didapat melalui kegiatan ini” ungkap Kak Tatan Munandar, Ketua DKD Jawa Barat usai menyampaikan materi pada Forum Penegak dan Pandega.

Salahsatu pemandangan yang cukup unik terlihat dilangit Buper adalah banyaknya layang-layang hias yang beterbangan, layang-layang tersebut adalah karya peserta yang dilombakan oleh sangga kerja dalam rangka memeriahkan Raimuna. Selain itu, sorak sorai  juga nampak pada saat lomba balap bakiak dan debating.

 “Alhamdulillah ya kegiatan ini bisa terlaksana tanpa halangan yang berarti, saya mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dalam menyukseskan kegiatan ini. Semoga Pramuka Penegak dan Pandega dapat membuktikan dirinya sebagai remaja dan pemuda yang berkepribadian tangguh, sehat rohani dan jasmani serta menjadi kader pemimpin bangsa.” Kata Kak Hana Nurhasanah selaku Ketua DKC T&D Kwarcab Kota Tasikmalaya menegaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar