Minggu, 22 Januari 2012

Pramuka Nusantara Ngumpul di Cibubur


DEPOK – Ratusan sekolah mengikuti kegiatan Perkemahan Nasional II yang dibuka di Bumi Perkemahan Cibubur, Depok.
Perkemahan yang dimotori oleh Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT) Indonesia dihadiri oleh Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Kak Azrul Azwar, Anggota Komisi X DPR RI Raihan Iskandar, Staf Khusus Kemenpora, Ketua Dewan Pembina Pramuka Malaysia dan Thailand, serta para Pembina Pramuka se-Indonesia.

Perkemahan yang diselenggarakan hingga 14 Januari 2012 mendatang ini mengusung tema “Bersama Pramuka SIT Membangun Bangsa”.
Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Azrul Azwar mengatakan, perkemahan yang juga menjadi ajang untuk mendekatkan Pramuka dengan sains dan teknologi ini diikuti oleh 5.384 peserta dari 481 sekolah SD, SMP, SMA se-Indonesia. Tujuannya, kata dia, agar para pramuka di Indonesia dapat saling berkenalan dan mempererat tali silaturahmi antarpramuka se-Indonesia dan negara tetangga.
“Mereka juga akan mendapatkan berbagai keterampilan dan mengenal teknologi lebih dekat. Perkemahan ini juga menjadi sarana untuk unjuk kemampuan yang ada pada diri masing-masing,” ujar Kak Azrul
Azrul menambahkan, kegiatan ini diharapkan dapat membentuk calon-calon pemimpin bangsa yang tangguh. Pramuka dari dua negara tetangga juga ikut ambil bagian dalam perkemahan ini, yaitu tujuh orang pramuka Malaysia dan 18 orang pramuka Thailand.
Para peserta akan diajak ke Base Ops Lanud Halim Perdanakusuma dan Mako Brimob Kelapa Dua untuk mengenal teknologi informasi (TI) dan teropong bintang, melihat pesawat tempur dan pesawat kepresidenan, serta cara pengamanan dan demonstrasi penjinakan bom.
Kak Azrul berpesan agar para peserta dapat memanfaatkan dan menggali pengetahuan serta keterampilan selama berkemah. “Karena kegiatan ini mendorong peserta agar dekat dengan dengan sains dan teknologi, terkhusus teknologi kedirgantaraan dan teknologi pertahanan,” jelasnya.
Sementara itu, Wali Kota Depok Nur Mahmudi Ismail mengatakan, kegiatan Pramuka dapat mendorong mereka untuk lebih bersemangat dalam mewujudkan cita-cita kemandirian teknologi bangsa.
“Semoga kegiatan ini dapat membentuk karakter para peserta, menumbuhkan sikap kemandirian pada peserta, menjalin persahabatan, empati, persaudaraan, serta menambah wawasan dan sebagai wadah untuk menguji keterampilan,” Nur Mahmudi menandaskan.(rfa)
Sumber: http://kampus.okezone.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar