Selasa, 03 Januari 2012

Peserta Jambore Nikmati Kegiatan Wisata Budaya


Jambore Budaya Serumpun Indonesia Malaysia menawarkan tiga paket kegiatan besar, yaitu kegiatan Seni Buadaya/Kerajinan, Jelajah wisata, wisata budaya, dan  60% kegiatan berada di luar areal perkemahan. Semua paket kegiatan merupakan kegiatan unggulan dan sangat disenangi peserta.

Dari hasil pantauan tim redaksi Tabloid Warta Kwarnas di hari kedua Jambore Budaya serumpun, sebanyak 300-an anggota Gerakan Pramuka peserta jambore budaya mengikuti kegiatan wisata budaya mengunjungi Istana Museum Balla Lompoa, Kabupaten Gowa. Mereka dijamu oleh Pemerintah Daerah dan pengurus Kwarcab Gerakan Pramuka. Peserta langsung disambut oleh Wakil Bupati Gowa di Istana Museum Balla Lompoa.
Wakil Bupati selaku Wakil Ketua Mabicab Gerakan Pramuka Gowa, Abdul Rozak Badjidu mengatakan adanya Jambore Budaya Serumpun ini dapat menjadi perakat untuk makin melanggengkan ikatan persaudaraan antara masyarakat Gowa, anggota Gerakan Pramuka tanah air dan PengakapMalaysia. Utamanya tali silahturahmi generasi muda bangsa.
Pada kesempatan itu Kak Abdul Rozak yang di dampingi Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Gowa, Andi Rimba Alam Pangeran, serta jajaran pengurus Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Gowa menguraikan tentang kejayaan Kerajaan Gowa diwaktu  lampau hingga pembangunan Kabupaten Gowa saat ini
”Di bumi Kabupaten Gowa ini banyak sekali situs-situs sejarah yang hingga saat ini menjadi kebanggaan masyarakat Gowa”, tutur Wakil Bupati.
Sementara itu, Wakil Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka, Kak Amoroso Katamsi yang ikut dalam acara tersebut menyampaikan ucapan terima kasih atas penerimaan dan dukungan Pemkab Gowa dalam pelaksanaan Jambore Budaya Serumpun Indonesia Malaysia ini.
Sebelun mampir ke Istana Museum Balla Lampoa, mereka melakukan perjalanan ke Kota Makasar, Benteng Ujungpandang, Makam Raja-Raja Tallo, Makam Syech Yusuf, Makam Raja-Raja Bone, Makam Raja-Raja Gowa, dan Masjid Tua Katangka dan diakhir di Istana Balla Lompoa.
Untuk paket kegiatan Jelajah Wisata itu, para peserta jambore diajak ke kawasan Taman Nasional Bantimurung-Bulusaraung. Sebelum ke Taman Bantimurung, peserta jambore mengunjungi Taman Purbakala Leang-Leang.
Seperti paket wisata budaya, pada paket jelajah  wisata ini, para peserta disambut oleh Pengurus Kwarcab Gerakan Pramuka Maros. Mereka disambut dan dijamu  secara adat di Taman Nasional Bantimurung. Di Taman Nasional Bantimurung ini, para peserta juga menikmati Pemandian Alam Air Terjun Bantimurung, Kabupaten Maros.
Sementara itu untuk kegiatan paket Seni Budaya dan Kerajinan, mereka tetap berada di kawasan Benteng Somba Opu dengan mengikuti kegiatan pengenalan alat musik tradisional, tari tradisional, sastra tradisional, kerajinan tradisional, pentas seni dan pergelaran seni tradisional Sulawesi Selatan. Wk. 02
Sumber: Humas Kwarnas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar