Jumat, 25 Januari 2013

Bersiaplah !!! Menyongsong Era Kepemimpinan Baru …


Dewan Kerja Pramuka Penegak dan Pandega Kwartir Cabang (DKC) Ciamis melalui Rapat Pleno yang dihadiri oleh 2/3 anggotanya akan melaksanakan Musyawarah Pramuka Penegak dan Pandega Puteri dan Putera (MUSPPANITERA) Cabang Ciamis XVII. Semestinya, Musppanitera ini dilaksanakan tahun 2014 sesuai dengan masa bakti DKC Ciamis tahun 2009-2014, namun jika disesuaikan dengan kondisi organisasi dan kaderisasi anggota, maka dianggap sudah sepantasnya roda kepemimpinan dalam tubuh organisasi DKC Ciamis berganti kepemimpinan.

Beberapa hal yang melatarbelakangi dan menjadi arah kebijakan pokok dilaksanakannya Musppanitera Cabang XVII Ciamis ini ialah; Pertama, Telah habisnya usia keanggotaan beberapa pengurus DKC Ciamis terutama pada tataran pimpinan DKC Ciamis dan akan melanjutkan pada jenjang pengabdian berikutnya. Hal ini tentunya sesuai dengan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka serta Petunjuk Penyelenggaran Dewan Kerja, bahwa usia golongan Pramuka Penegak dan Pandega ialah 16-25 tahun.
Kedua, Masa bakti DKC Ciamis yang akan berakhir tahun 2014. Oleh karena itu, jikapun dilaksanakan penggantian Antar Waktu Ketua DKC secara internal dikhawatirkan akan timbulnya inkonsistensi serta tidak efektifnya kepengurusan dan pelaksanaan program kerja DKC Ciamis yang hanya tersisa kurang dari 2 tahun. Meskipun sebagian besar usia pengurus DKC Ciamis relative muda, namun mereka telah dibekali berbagai skill kepemimpinan melalui berbagai kursus dan pelatihan. Dengan kondisi demikian, maka pendelegasian kepemimpinan dirasa telah tepat, ditambah dengan pesatnya perkembangan zaman serta daya dukung para pengurus DKR yang bersemangat tentu ini akan menjadi modal utama untuk memberikan kesempatan yang lebih nyata, untuk terciptanya iklim organisasi yang dinamis dengan seorang pemimpin baru, wajah organisasi dengan semangat baru dan tentu dengan beragam rencana kerja yang baru yang sesuai dengan konteks kekinian.

Ketiga, Musppanitera merupakan wadah pertemuan Pramuka Penegak dan Pandega untuk menyerap seluruh aspirasi serta sebagai bahan evaluasi terhadap pembinaan dan pengembangan Pramuka Penegak dan Pandega selama masa bakti, sehingga dengan terselenggaranya Musppanitera ini ada keterlibatan secara penuh dan rasa memiliki dari peserta Musppanitera yang notabene merupakan perwakilan dari setiap Kwartir Ranting (DKR) atas tanggungjawab dan eksistensi Pramuka Penegak dan Pandega di wilayah kerja Kwartir Cabang Kabupaten Ciamis.

Berdasarkan pertimbangan-pertimbangan diatas, maka demi terwujudnya kaderisasi organisasi yang efektif, terciptanya sinkronisasi antara aspirasi Pramuka Penegak dan Pandega dengan DKC Ciamis dan sebagai refleksi untuk meregenarisakan kepemimpinan yang kapabel sudah selayaknya dilaksanakan Musppanitera Cabang Ciamis ke-17 tahun 2013.

Adapun tentang tema ataupun wacana kepemimpinan baru dalam organisasi DKC Ciamis merupakan sebuah keniscayaan, sebagaimana disebutkan diatas bahwa sebuah organisasi harus melakukan peremajaan personal, perlu inovasi dalam pengembangan karya dan butuh kreativitas untuk mempertahankan laju roda organisasi. Jadi, siapapun wajah baru itu, sosok pemimpin yang akan melanjutkan estafeta kepemimpinan DKC Ciamis, haruslah Pramuka Penegak atau Pandega Ciamis terbaik. Karena ia adalah sang pemikul amanah yang akan dibebani problematika dan dialektika Pramuka Penegak dan Pandega pada era digital, era dengan segudang informasi tanpa batas dan tak dapat dibendung.

Pemimpin baru itu, tidak hanya hebat diatas mimbar dan meja, tapi pula ia petarung unggul di lapangan. Ia tak hanya dapat memetakan permasalahan, tapi juga dapat menjadi solutor dan eksekutor atas solusi yang ditawarkannya. Pemimpin baru itu, yang dapat mengayomi dan merekrut sisi psikologis setiap anggotanya, agar setiap orang mau bekerja bersamanya, berjalan beriringan menuju sasaran yang ditetapkan dan mencapai target yang telah ditentukan. Maka yakinlah, DKC Ciamis pada masa yang akan datang akan jauh lebih baik dari sebelumnya. Maka percayalah, Pramuka Penegak dan Pandega Ciamis tengah menghadapi kecemerlangannya yang amat menyilaukan. Dan buktikanlah, dengan segenap do’a dan usaha bahwa Pramuka Ciamis benar-benar dapat merepresentasikan cita Keluarga Besar Galuh Sangga Bhuana, seorang ksatria muda yang dapat diandalkan dan menjadi tulang punggung dunia.

Akhirnya, salam hormat dan bangga kami haturkan kepada kakak-kakak sekalian yang telah berpartisipasi aktif dalam mendukung dan menyukseskan setiap agenda kegiatan DKC Ciamis. Karena, tanpa dukungan dan kerjasama kakak-kakak semua kami tak dapat berbuat apa-apa. Karena DKR adalah pangkal tombak keberhasilan dan Ambalan merupakan ujung tombak kesuksesan. Adapun kami, DKC Ciamis hanyala pemegang tombak untuk meluncurkannya menuju sasaran.

Permohonan maaf pula kami sampaikan kepada kakak-kakak sekalian, atas segala kekhilafan dan kesalahan yang telah diperbuat, baik disengaja ataupun tidak disengaja, baik Nampak ataupun tak Nampak, karena kami adalah manusia yang tercipta sempurna dengan benar dan salah, manusia tempatnya lupa dan alfa. Dan semoga Allah melimpahi kita semua dengan maghfirah-Nya.

Sebagai Penutup, sedikit kenangan dari kami,

Tanpa terasa waktu menagih janji
Sebagai bukti jati diri
Kini, adalah demi esok yang pasti
Dengan proses yang tak lepas dari qodrati

Kawan, langkahku adalah langkahmu
Pengabdianku adalah pengabdianmu
Langkah dan pengabdian Kita……….
Aditya Ambah Bhuana

Dengan rasa haru dan bangga, terucap do’a kepada Sang Maha Pencipta, Allah ‘Azaa Wajalla. Semoga segala kebaikan berbalas pahala yang berlipat ganda. Semoga kerja-kerja kita tak sia-sia dan menjadi washilah menuju surga-Nya. Allahumma Aammiin …

Salam Bakti
Keluarga Besar Galuh Sangga Bhuana
Dewan Kerja Pramuka Penegak dan Pandega
Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Ciamis
Ketua,



FDJ. INDRA KURNIAWAN GSB

0 comments:

Poskan Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Macys Printable Coupons