Rabu, 01 Juli 2015

Kwarnas Adakan Kegiatan Pelatihan ESQ Bagi Pramuka Penegak dan Pandega

Kwartir Nasional Gerakan Pramuka terus menapaki perubahan, kali ini lewat pelatihan Emotional Spiritual Quotient (ESQ). “Ini pelatihan ESQ pertama untuk Pramuka penegak dan pandega, mereka semua akan diproyeksikan menjadi panitia Jambore Nasional 2016”, jelas Kak Rafli Effendi, Wakil Ketua Kwarnas Bidang BUMGP setelah pembukaan pelatihan ESQ di Taman Rekreasi Wiladatika, Cibubur, Jakarta, pada Rabu Sore (01/07/15).

Rafli Effendi mengaku bangga dengan kegiatan ini “kita mempersiapkan masa depan Indonesia”, ucapnya.
Sementara itu, Ketua Panitia pelatihan ini, Prof. Dr. R Sihadi Darmo Wihardjo dalam sambutannya menerangkan tiga target pelatihan ESQ ini.
Pertama, kesadaran menggerakan seluruh komponen kepribadian untuk kebaikan. Kedua, kemampuan menata emosi dalam kehidupan. Ketiga, akuntabilitas, yaitu pertanggungjawaban sebagai anggota pramuka yang mengamalkan dasa dharma dalam kehidupan sehari-hari.
Menurut Prof. Dr. Sihadi , yang ketiga ini sejak awal menjadi fokus Dr. Adhyaksa Dault selaku Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka. “Kak Adhyaksa Dault meminta setiap pramuka melakukan kebaikan dimanapun ia berada”, jelas Prof. Dr. Sihadi yang juga pakar pendidikan dasar di Unv Negeri Jakarta ini.
Pelatihan ESQ ini sendiri diikuti 312 orang pramuka dari Kwarda DKI, Kwarda Jawa Barat, Kwarda Banten. Pembukaan telah dilaksanakan dengan baik pada Rabu sore (01/07) oleh Kak Yudi Suyoto (Sekjen Kwarnas Gerakan Pramuka) dan akan ditutup pada 3 Juli 2015.
“Selain hal yang berkaitan dengan pelatihan, kami juga bertanggungjawab memberikan pelayanan yang terbaik bagi peserta”, jelas Agus Muslim, salah seorang panitia yang juga Andalan Nasional Gerakan Pramuka.

 Pelaksanaan Pelatihan ESQ Pramuka Penegak dan Pandega Angkatan I ini dilaksanakan di bulan puasa ramadhan 1436 H/2015 M, sebanyak 312 peserta Pelatihan ESQ melaksanakan Salat Isya dan Tarawih berjamaah di Aula Sarbini, Cibubur, Jakarta (1/7).
Setelah melaksanakan salat Isya berjamaah dilanjutkan dengan tausyiah yang disampaikan oleh perwakilan peserta dari Kwarda Gerakan Pramuka DKI Jakarta. Kegiatan tausyiah ini akan dilakukan bergiliran.

Nanti salat subuh berjamaah giliran Kwarda Gerakan Pramuka Jawa Barat dan besok salat isya dan tarawih berjamaah tausiyah oleh Kwarda Gerakan Pramuka Banten" Ungkap Kak Rafli Effendi, Waka Kwarnas Bidang BUMGP yang ikut serta salat isya dan tarawih berjamaah dengan peserta ESQ. 

Peserta Pelatihan ESQ Melaksanakan Salat Subuh Berjamaah di Aula Pandan Sari, TRW, Cibubur
Peserta Pelatihan ESQ 165 Pramuka Penegak dan Pandega Angkatan I melaksanakan salat subuh berjamaah di aula Pandan Sari, TRW, Cibubur (2/7).
Setelah selesai melaksanakan salat subuh berjamaah dilanjutkan dengan Tausyiah yg disampaikan oleh salah satu peserta Pelatihan ESQ dari Kwarda Gerakan Pramuka Jabar.
(Kak Hariqo, Annas Urusan Kominfo) [HumasKwarnas]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar