PETUNJUK TEKNIS
LOMBA TINGKAT III REGU PRAMUKA PENGGALANG
KWARTIR CABANG KABUPATEN CIAMIS
A.
SIKAP,
MENTAL, SPIRITUAL DAN PATRIOTISME
Kode
|
Materi
|
Target/Uraian
|
Bentuk Lomba & Alat
|
Kriteria Penilain
|
Ket
|
A.1
|
A.1. Kuliah Agama
|
Menyimak Kuliah subuh, Temanya
ditentukan oleh Panitia
|
Membuat laporan 3 Kali disetorkan setiap pagi,
menjawab postes dari penceramah.
|
Resume
: Tulisan dan Isi.
|
5
|
A.2
|
A.2. Muratal Juz’Amma
|
10 surat terakhir SD/MI
(ditentukan)
|
Hafalan/tahfidz Juz’Amma secara murattal sesuai
Undian Suratnya.
|
Makhraj , Tajwid ,
Lagu,dan Adab Penilaian dikurangi tiap
kesalahan ringan 2,
Kesalahan berat 5 dari
nilai maksimal
|
1
|
A.2.
Syarhil Qur’an
|
10 surat terakhir SLTP/MTs
|
Hafalan/tahfidz secara murattal,
menterjemahkan, menjelaskan makna, sesuai Undian Suratnya.
|
Murattal/bacaan,
menterjemah,dan penjelasan
|
3
|
|
A.3
|
Sikap, dalam Pendaftaran
|
Seragam Sesuai PP Pakaian No.
226/2007
Packing Perlengkapan Kemah
& Sikap Laporan.
|
Pendaftaran Awal di
Mulai
|
Pakaian Seragam
, perlengkapan/ Packing dan
Sikap Laporan
|
8
|
A.4
|
Baris Berbaris
|
Hormat pada Pembina, lapor,
istirahat, siap, lencang kanan, hitung, hadap kanan/kiri, hadap serong
kanan/kiri, balik kanan, jalan ditempat, 4 langkah ke kanan/kiri, 4 langkah
ke depan/belakang, hadap kiri, angkat senjata, maju jalan, 2 kali belok
kanan, langkah tegap, hormat kanan, langkah biasa, berhenti, tegak senjata,
hadap kiri, lapor.
|
Melakukan Baris Berbaris
pada petak yang telah ditentukan ( Ukuran 9M x 6M ) selama 7 Menit
|
Gerakan,
urutan dan komandan.
|
5
|
A.5
|
Kuis Pengetahuan
Umum
|
Pengetahuan Umum sesuai dengan
SKU
|
Menjawab 40 Kuis,Waktu 40 menit dilakukan
secara Massal
|
1
|
|
A.6
|
Kuis Pengetahuan Pramuka
|
Salam Pramuka, Kode Kehormatan,
Giat Pramuka, Sejarah,Tanda-tanda , Lambang, Organisasi Pramuka
|
Menjawab Kuis Pramuka 40 Soal, waktu 40 menit dilakukan secara
masal
|
1
|
|
A.7
|
K3 Perkemahan
|
Ketertiban, kebersihan,
kerapihan.
|
Nilai Pagi dan Malam
haridilaksanakanselama
3 hari
|
Ketetiban, Kebersihan,
dan Kerapihan
|
Regu
|
A.8
|
Tapak
Kemah
|
Pendirian, kelengkapan dan
penataan Tenda di perkemahan
|
dilaksanakan1
Kali pada hari Pertama
|
Pendirian
tenda, kelengkapan) dan
penataan tenda
|
Regu
|
A.9
|
Tata Upacara
|
Pratama / Pinru, Pengibar
Bendera (3) orang, Pembaca Dasa Dharma
|
Tiap Regu Bergiliran menampilkan
tata Upacara Pembukaan & Penutupan
|
Bendera,
Dasa Darma dan Pratama.
|
5
|
B. KETERAMPILAN
KEPRAMUKAAN
Kode
|
Materi
|
Target/Uraian
|
Bentuk Lomba & Alat
|
Kriteria Penilain
|
Ket
|
B.1.
|
Perencanaan Pengembaraan
|
Membuat Rencana Kegiatan
Pengembaraan
|
Melaksanakan Tugas
|
Kelengkapan
Isi laporan, Sistematika Laporan,
Tulisan/kerapihan
|
2
|
B.2.
|
Mapping ( Peta Pita,
Laporan Perjalanan )
|
Membuat Peta Pita, Laporan
Perjalanannya
|
Melaksanakan Tugas dalam
perjelajahan
|
Ketepatan membuat peta pita,
Gambar topografi.
Laporan Perjalanan ( Skala, kelengkapan legenda,
Gambar topografi.
|
5
|
B.3.
|
Senam Pramuka
|
Senam Pramuka Per Regu (versi
lomba)
|
Melakukan senam pada
Tempat yang telah ditentukan 2 Regutiap kali tampil
|
Gerakan,
urutan, power dan kekompakan.
|
5
|
B.4.
|
Peta Lapangan
|
Membuat peta Lapangan suatu
lingkungan
|
Melaksanakan Tugas
|
Skala, Legenda Peta, Gambar Peta
& kerpaian.
|
3
|
B.5.
|
Peta Panorama
|
Membuat Panorama
|
Melaksanakan Tugas
|
Tepat Titik bidik, Ketepatan Arsiran, Tepat Membuat
Panorama,
dan legenda
|
5
|
B.6.
|
Isyarat dan
Semboyan
|
Menyampaikan,menerima berita dan
membaca berita Morse bendera dan semaphore.
|
Menyampaikan Berita dan
Membaca Berita pada perjalanan
|
Menyampaikan ,dan Membaca berita
|
5
|
B.7.
|
P3K dan Evakuasi Darurat
|
Membalut, membidai dan
mengevakuasi Korban
|
Melaksanakan Tugas saat
penjelahan
|
Balut, Membidai, dan Evakuasi
|
5
|
B.8.
|
Simulasi Pionering
|
Tali temali, Simpul/ikatan, ( Membuat Blankar )
|
Membuat
blankar
|
Kerapihan,
ketetapan tali dan
kekuatan
|
3
|
B.9.
|
Menaksir
|
Menaksir Jarak, Lebar dan Tinggi
|
Melaksanakan tugas
|
Proses/Usaha, hasil/ketepatan, dan
deviasi/ penyimpanan
|
5
|
B.10.
|
Halang Rintang
|
Jembatan Ayun, Benteng takesi, jaring
laba-laba, Tarzan Crossing & gorong-gorong.
|
Melaksanakan Tugas
|
5
|
|
B.11.
|
KIM
|
Raba,Lihat dan Cium (Rambu-rambu
lalulintas, tanda GP, Obat-obatan, pahlawan, Bumbu, Tanaman)
|
Melaksanakan tugas
mengamati 10 gambar, 5 benda, 5 aroma yang tepat sesuai perintah
|
Lihat,
Raba dan Cium
|
5
|
B.12.
|
Mengenal Flora dan Fauna
|
Mencari,mendata, sample,
membuat laporan benda plora yang bergunadan Fauna ( Deskrifsi )dalam
perjalanan
|
Melaksanakan Tugas
Panitia masing – masing 5 Flora dan 5 Fauna
|
Deskripsi Laporan dan bukti benda
|
5
|
B.13.
|
Menembak
/
Ketapel
|
Menembak (SMP/MTs), Ketepel
(SD/MI) sasaran dengan tepat
|
Melaksanakan 3 Kalikesempatan
|
Hasil Ketepatan lemparan
pada sasaran Nilai, gagal keluar sasaran Nilai 40.
|
1
|
B.14.
|
Enggrang
|
Memakai Enggrang membawa benda
|
Menaiki Enggrang pada
Lintasan Rintanganyang Telah ditentukan dan
mengambil bendera,
waktu di batasi max 2 menit
|
Setiap bendera yang didapat di
rintangan 1 , 2 bendera @ 15, rintangan 2 , 2 bendera @ 20, Rintangan 3, 1
Bendera @ 30 bendera.
|
1
|
C. PENGETAHUAN MANAJERIAL
REGU
Kode
|
Materi
|
Target/Uraian
|
Bentuk Lomba & Alat
|
Kriteria Penilain
|
Ket
|
C.1.
|
Admisnistrasi & Persyaratan
Regu
|
Absen, Keuangan Regu, data regu,
persyaratan regu, SKU & SKK.
|
Menyerahkan Administrasi
regu
|
Kelengkapan, ketepatan
isi dan format & Tulisan
|
Regu
|
C.2.
|
Management
Regu
|
Membuat pengorganisasian Regu
selama LT
|
Melaksanakan Tugas
(Membagi tugas anggota Regu)
|
Ketepatan
format dan isi, sistimatika, dan kerapihan
|
1
|
C.3.
|
Membuat laporan Kegiatan Regu
|
Laporan Kegiatan
|
Melaksanakan Tugas
|
Ketepatan
format dan isi, sistimatika, dan kerapian.
|
Regu
|
D. KREATIFITAS , BUDAYA DAN SURVIVAL
Kode
|
Materi
|
Target/Uraian
|
Bentuk Lomba & Alat
|
Kriteria Penilain
|
Ket
|
D.1.
|
Pidato
Bahasa Inggris
|
SD/MI (Gambar )
SMP/MTs Tema : Camping
|
Melaksanakan
Tugas
|
SD/MI:
Vocabulary, writing
SMP/MTs:
Content of the text, Fluency, grammar &
text script.
|
1
|
D.2.
|
Hasta Karya Kreasi Lapangan
|
Membuat kreasi di lapanganPerkemahan
|
Membuat hasta karya
dengan bahan apa yang ada di lokasi kegiatan
|
Proses, kreatifitas, dan kerapihan/
hasil
|
3
|
D.3.
|
Survival, Bivoack,
|
membuat Bivoak
|
MelaksanakanTugas
|
Hasil pembuatan, tekhnik pembuatan
|
5
|
D.4.
|
Masak Rimba, masak situasional
|
Merancang Memasak Rimba
|
Memasak makanan dari
bahan yang ada
di alam/dibawa peserta di lokasi bivoack.
|
Proses
dan hasil.
|
5
|
D.5.
|
Teknik Penjernihan Air tradisional
|
Menjernihkan air dengan alat
dialam
|
Melaksanakan tugas
|
Teknik penjernihan, hasil penjernihan
dan kerapian.
|
2
|
D.6.
|
Lagu Pramuka/Wajib
|
Mars Penggalang
|
Menyanyikan lagu Mars
penggalang.
|
Teknik,
vocal dan penampilan
|
5
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar