Rabu, 30 November 2011

Wamenag Buka PW X Pramuka PTAI Se-Indonesia



Ambon  Dipastikan hari ini Senin (21/11) pagi, Wakil Menteri Agama (Wa­menag) Nazaruddin Umar akan membuka Perkemahan Wirakarya (PW) X Gerakan Pramuka Per­gu­ruan Tinggi Agama Islam (PTAI) Se-Indonesia.
Perkemahan yang akan ber­lang­sung di Bumi Perkemahan Al-Mulk, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ambon hingga 30 November mendatang tersebut akan diikuti 51 PTAI se-Indonesia dan 29 perguruan tinggi non PTAI, perwakilan Kwartir Cabang (Kwar­cab) se-Maluku serta sejumlah Gugus Depan (Gudep) di Pulau Ambon.

Rektor IAIN Ambon, Dedi Djubaedi kepada wartawan disela-sela gladi resik pembukaan yang berlangsung di lapangan upacara Bumi Perkemahan Al-Mulk, Mi­nggu (20/11), mengatakan, semula Menteri Agama (Menag) Surya­dharma Ali telah memastikan diri hadiri untuk membuka event kepramukaan yang rutin dilak­sanakan dua tahun sekali ini, namun bersamaan waktunya ada kegiatan lain yang memerlukan kehadiran langsung menag.
“Akhirnya Menag memerin­tah­kan Wamenag Nazaruddin Umar untuk hadir membuka PW X Pramuka PTAI Se-Indonesia tahun 2011,” katanya.
Dijelaskan, menjelang pembukaan PW X Pramuka PTAI Se-Indonesia tahun 2011 sejumlah pejabat di Ke­menterian Agama telah tiba di Ambon diantaranya Direktur Jenderal (Dirjen) Pendidikan Agama Islam Muhammad Ali, Direktur Perguruan Tinggi Islam Dede Rosyada dan sejumlah pejabat lainnya.
“Sejumlah pengurus Kwartir Na­sional (Kwarnas) Gerakan Pramuka juga telah tiba di Ambon diantaranya Wakil Ketua Kwarnas Amorosa Katamsi,” jelasnya.
Dedi Djubaedi yang saat ini telah menjabat sebagai Direktur Mad­rasah Kementerian Agama mengaku PW X Pramuka PTAI Se-Indonesia ta­hun 2011 merupakan suatu alat pendidikan non formal bagi pramuka penegak dan pandega yang terga­bung dalam gugus depan (gudep) di kampus PTAI.
“Kegiatan-kegiatan selama PW X Pramuka PTAI Se-Indonesia tahun 2011 dilaksanakan dalam bentuk perkemahan dan diisi dengan kegiatan-kegiatan edukatif, produk­tif, kreatif, rekreatif dan inovatif,” ungkapnya.
Ia juga berharap dukungan mas­yarakat untuk menyukseskan pe­nye­lenggaraan PW X Pramuka PTAI Se-Indonesia tahun 2011.
“Mari kita sama-sama menun­jukkan kepada dunia bahwa Provinsi Maluku sudah aman dan damai, sehingga dapat menjadi tuan rumah event nasional. Event ini juga men­jadi starting point yang bagus untuk pelaksanaan event-event nasional di daerah ini,” katanya.
Sementara itu, di tempat yang sama, Dirjen Pendidikan Agama Islam, M Ali mengharapkan melalui penyelenggaraan PW X Pramuka PTAI Se-Indonesia tahun 2011 dapat terwujud kebersamaan di antara sesama komponen bangsa.
“PW X Pramuka PTAI Se-Indonesia tahun 2011 ini diikuti bukan saja anggota Pramuka yang beragama Islam namun ada juga yang ber­agama lain sehingga melalui event ini dapat dirajut kebersamaan yang kokoh,” tandas M Ali.
Ia juga menambahkan, saat ini gera­kan pramuka sementara dijadi­kan sebagai salah satu pendidikan karak­ter bangsa sehingga dengan sukses­nya PW X Pramuka PTAI Se-Indonesia tahun 2011, maka karakter ke­bangsaan para anggota pramuka dapat meningkat sehingga dapat menjadi kader-kader penerus kepe­mimpinan bangsa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar