Selasa, 20 November 2012

2.000 Pramuka Indonesia Mengikuti Perkempinas


JAMBI, KOMPAS.com - Sebanyak 2.000 peserta Pramuka Penegak dan Pandega Puteri dari Kwartir daerah dan provinsi seluruh Indonesia mengikuti Perkemahan Pramuka Putri Nasional (Perkempinas) di Jambi yang resmi dibuka oleh Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Bidang Kebudayaan, Wiendu Nurhayati.

Kegiatan yang dipusatkan di bumi perkemahan Sungai Gelam Kabupaten Muarojambi, Jambi, diselenggarakan mulai 17-23 November 2012. Kegiatan ini dilaksanakan khusus bagi anggota Pramuka puteri yang berusia 16-25 tahun.

"Dengan mengusung tema cerdas berkarya menuju pramuka puteri yang mandiri, Perkempinas 2012 diharapkan mampu menjadi wadah untuk meningkatkan pemahaman dalam rangka meningkatkan peranan pramuka puteri di tengah masyarakat," ujar Wiendu kepada wartawan usai membuka Perkempinas di Jambi, Minggu (18/11/2012).

Menurut dia, awalnya Perkempinas akan dibuka langsung oleh Ibu Negara Ani Yudhoyono. Namun, dikarenakan harus mendampingi Presiden dalam tugas negara, Ibu Ani tidak bisa menghadiri pembukaan Perkempinas. "Saya juga ingin menyampaikan permohonan maaf dari Ibu Ani Yudhoyono," katanya.

Sementara itu, Ketua Kwarnas gerakan pramuka, Azrul Azwar, mengatakan, kegiatan Perkempinas merupakan salah satu upaya sebagai penambah bekal dalam proses pembentukan jati diri pramuka dalam menjawab kebutuhan lingkungan di sekitarnya.
"Peserta diajak mengenal lebih dekat kebudayaan dan alam keindahan Jambi, dengan mendatangi tujuh lokasi dan merasakan bermalam di sub camp, termasuk bermalam bersama Suku Anak Dalam di Kabupaten Sarolangun," katanya.

Salah satu peserta Perkempinas, Yuliana Uskono mengatakan, sangat senang bisa menjadi bagian pada kegiatan itu.

"Tentu saya sangat senang dan bangga bisa ikut kegiatan ini. Tentunya semakin menambah wawasan akan bangsa, mendapat kawan baru, apalagi bisa mengunjungi daerah baru di Jambi," ujar anggota Pramuka penegak dari Gudep 005-006 SMAN 3 Kota Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

[sumber berita: http://edukasi.kompas.com]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar