Selasa, 20 November 2012

Wamendiknas Wiendu Datang Membuka Perkempinas



TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Ribuan peserta Perkemahan Putri Tingkat Nasional (Perkempinas) 2012 telah bersiap mengkuti upacara pembukaan di Bumi Perkemahan Sungai Gelam, Kabupaten Muarojambi.



Teriakan-teriakan mulai bergema, dipandu oleh panitia acara. Sekitar 2.000 peserta dari berbagai kwarda di Indonesia datang, dalam acara yang digelar dari 17-20 November 2012.

Upacara sendiri akan dibuka oleh Wakil Menteri Pendidikan (Wamendiknas) Wiendu Nurcipta. Wamendiknas telah tiba di bandara, sekitar pukul 07.30 pagi. Semula, Menteri Agung Laksono rencananya datang ke Jambi, Minggu (18/11). (duanto)

[sumber berita: http://jambi.tribunnews.com]


Berbagai Acara Meriahkan Pembukaan Perkempinas

SUNGAIGELAM - Dalam rangka menyukseskan kegiatan Perkemahan Pramuka Putri Nasional (Perkempinas) 2012, berbagai acara akan dilaksanakan di Bumi Perkemahan Sungaigelam. Selain itu, seluruh peserta kontingen juga akan mengikuti serangkaian kegiatan di berbagai tempat sesuai agenda yang telah ditetapkan panitia.

Dikatakan Yepi Rivaldi, Waka Humas Kwarda, jika berbagai kegiatan menarik pada pembukaan akan dilakukan untuk memeriahkan acara tersebut. Berbagai kegiatan menarik tersebut di antaranya, adalah adanya parahlayang dan juga flying fox usai pembukaan.

BKSDA provinsi, rencananya juga akan melakukan aksi pemadaman kebakaran hutan pada acara pembukaan nanti. “Selain itu, kita juga akan mengadakan kegiatan tabur benih ikan ke kolam,” bebernya.

Kegiatan parahlayang tersebut, akan ditampilkan oleh Dandim Kerinci Letkol Eko. Dalam atraksinya nanti, dirinya akan terjun dari pesawat dan mendarat di lapangan pelaksanaan kegiatan. Sementara, untuk flying fox, akan melintasi tali sepanjang hampir 100 meter yang melintasi danau di tengah kawasan perkemahan.

Selain itu, tim drumband dari SMA Titian Teras dan juga menampilkan perahu kajang lako. Tak hanya itu, setiap malamnya, para kontingen akan dihibur dengan penampilan kesenian daerah yang ditampilkan para peserta. Mereka akan tampil di atas panggung besar yang telah disediakan oleh panitia. Artis ibu kota juga tak lupa akan didatangkan untuk memeriahkan acara tersebut.

Sementara, untuk kegiatan hari ini, dijadwalkan akan melakukan kegiatan upacara tradisi adat pramuka penegak dan pandega putri nasional. Dalam acara yang akan dimulai pukul 09.00 tersebut, akan dihadiri oleh Kakwarnas dan juga Gubernur Jambi HBA.

“Malam harinya, para pendamping kontingen juga akan diundang gubernur ke rumah dinasnya, untuk mengikuti acara malam Sepucuk Jambi Sembilan Lurah,” tambah Yepi.
Selain berbagai acara menarik tersebut, seluruh kontingen juga akan dipersiapkan untuk mengikuti kegiatan sub camp. Rencananya, delapan kabupaten akan menjadi tempat sub camp ini. Kabupaten yang dipilih tersebut yaitu, Kerinci, Merangin, Sarolangun, Tebo, Bungo, Muarojambi, Tanjab Timur dan Kota Jambi sebagai tempat study tour. Untuk Kabupaten Muarojambi, akan dilaksanakan di Candi Muarojambi.

Untuk hari pertama, tiga kontingen akan diberangkatkan ke Kabupaten Merangin, Sarolangun dan Tebo. “Nantinya secara bergilir, setiap kontingen akan mendapat bagian untuk mengikuti kegiatan sub camp ini,” jelas Yepi, lagi.

Sementara, untuk para peserta yang berada di Bumi Perkembahan Sungaigelam, juga akan mengikuti serangkaian kegiatan yang telah disiapkan panitia. Termasuk adanya beberapa kegiatan pemilihan dan juga kecakapan para peserta. Karenanya dipastikan, acara Perkempinas tahun 2012 ini akan menjadi kegiatan Perkempinas yang cukup meriah dan juga penuh tantangan, sehingga menciptakan kemandirian pada diri para pesertanya. (Iis)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar