Kamis, 22 November 2012

Pers Riliis Perkempinas Jambi 2012


Peserta Perkempinas 2012
Asal Papua Barat Terharu Saat Ikuti Karnaval Budaya

Halaman Komando Resort Militer (Korem) 042/Garuda Putih yang berada di Jalan Urip Sumoharjo, Jambi yang biasanya tenang dengan suasana khas militer, Kamis (22/11) dipadati oleh sejumlah Pramuka Penegak dan Pandega berpakaian adat dari seluruh Indonesia. Mereka adalah peserta Perkempians 2012 yang akan mengikuti kegiatan Karnaval Budaya. Peserta Karnaval akan melintasi jalan utama Kota Jambi dan berakhir di Rumah Adat Jambi yang berada di Kantor Gubernur Jambi.

Peserta yang dilepas oleh Wakil Danrem 042/Garuda Putih di halaman Korem kemudian disambut Kak Hatta Syafrudin selaku Wakil Ketua Kwarnas Bidang Kepramukaan dan Satuan Karya beserta jajaran Kwarda dan Mabida Jambi di halaman Rumah Adat Jambi. Satu persatu peserta karnaval tiba disambut alunan lagu dari masing-masing daerah dengan live music oleh kelompok musik Kantor Gubernur Jambi. Sungguh menambah semarak dan semakin membuktikan kekayaan budaya Indonesia.
Karnaval yang diikuti juga oleh beberapa sekolah yang ikut dalam barisan pawai diakhiri dengan kontingen Papua Barat. Spontan pembawa acara mengajak pengunjung dan tamu kehormatan menyanyikan lagu “Tanah Papua” yang membuat suasana menjadi haru, termasuk peserta karnaval asal Papua Barat yang tak dapat membendung air mata karena bangga dan terharunya.
Pemandangan mengharukan sekaligus membanggakan tersebut ditanggapi dengan Kak Hatta sebagai pembuktian bahwa Pramuka merupakan alat pemersatu bangsa, “Hari ini kita sudah menyaksikan acara yang khusus yaitu karnaval budaya. Sungguh luar biasa klita banyak memetik banyak manfaat dan ini adalah bukti bahwa Gerakan Prmauka adalah alat pemersatu bangsa, kita lihat adik-adik kita dari Papau Barat tadi sampai menitikan air mata karena mereka bangga menjadi bagian dari NKRI,”
Ditambahkan Kak Kak Havis Husaini selaku Waka Kwarda Jambi Bidang Administrasi  yang yang menyebut kegiatan ini sebagai ajang penanaman nilai karakter, “Memberikan suatu warna yang begitu banyak budaya yang harus menjadi warisan menjadi aspek dalam mengembangkan kepariwisataan di masa depan. Berdasarkan pakar sejarah dari UGM ketika anak-anak ditanamkan jiwa seni dari budaya akan tertanam dan akan timbul sifat iklhas, kasih sayang sehingg itu dapat memberikan dorongan bagi kita untuk  membentengi dirinya untuk tidak tawuran, karena mereka punya sifat kasih sayang,” tegas Kakak yang sehari-hari bertugas sebagai Assistren II di Kantor Gubernur Jambi.
Perkempinas adalah Perkemahan Pramuka Penegak dan Pandega Putri Tingkat Nasional yang dilaksanakan sejak 17-23 November 2012 di Bumi Perkemahan Sungai Gelam, Jambi. Diikuti oleh 1.800 Pramuka Putri dari seluruh Indonesia berusia 16-25 tahun. “Cerdas Berkarya Menuju Pramuka Mandiri” adalah tema kegiatan yang diangkat, dengan harapan Pramuka Putri mendapat banyak pengalaman dari kegiatan ini yang membuatnya semakin cerdas dan mandiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar